Saturday 6 October 2012

INAICTA 2012: Workshop “Netiquette di Era Social Media”




Pada tanggal 15 September 2012 yang lalu saya pergi ke INAICTA (Indonesia ICT Award di JCC Senayan. Dimana acara ini di selenggarakan untuk memberikan penghargaan terdhadap tokoh yang berkecimpung di dunia komputer (Teknologi Informasi).

Dengan latar belakang tersebut, INAICTA (Indonesia ICT Award) kembali diadakan. Saat ini, INAICTA 2012 adalah ajang lomba karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang TIK  (Teknologi Informasi dan Komunikasi) terbesar di Indonesia. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-6, INAICTA diselenggarakan untuk mendorong terus berkembangnya produk-produk TIK lokal dibarengi dengan peningkatan kualitasnya. Tidak hanya bagi pengembang perseorangan, tapi juga bagi perusahaan-perusahaan lokal. Harapannya agar nantinya para pengembang dan perusahaan lokal tersebut dapat tumbuh semakin banyak dengan tingkat kualitas yang juga semakin tinggi sehingga dapat menjadi penopang daya saing ekonomi nasional.

Disamping pemberian penghargaan disana juga di selenggarakan beberapa workshop yang bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan tentang dunia  Teknologi Informasi dan Komunikasi. Disana saya memngikuti 2 workshop yaitu “Netiquette di Era Social Media” dengan Pepih Nugraha (Kompasiana) sebagai pembicara dan “Membuat Line Follower Robot (Basic Level)” dengan Dr. Riza Muhida (Robotic Organizing Committee Indonesia) sebagai pembicara.
Pada kali ini saya akan membicarakan  workshop yang saya ikuti disana adalah Netiquette di Era Social Media atau etika berinternet.




Pertama saya akan memperkenalkan sang pembicara yaitu Pepih Nugraha. Pepih Nugraha adalah seorang wartawan senior di KOMPAS. Dan sekarang di di tugaskan di KOMPASIANA yang merupakan blog komuniti buatan kompas grup. Sudah banyaknya pemgalaman yg di dapatnya selama bergabung di grup KOMPAS.
langsung saja ke materi workshop. Pepih Nugraha menjelaskan sebagai berikut berikut:

Dalam melakukan internet terdapat etika & netika. Terdapat:
basic 1:
1.berpikirlah sblm kamu bicara!
2.berpikir sebelum kamu berbuat 
3.berpikir sebelum mengepost artikel. 
Basic 2: ingat manusia! Beberapa detik setelah klik publish, orang-orang di seluruh dunia berkemungkinan membaca.
basic 3: tahu dimana org berada! "Lurk before leap",netinet berbeda di berbagai tempat,grup,komunitas,ingat "relativisme budaya". 
Basic 4: paruhi standar prilaku dunia maya seperti hal melakukn di dunia nyata! 
Basic 5: hargai waktu! buatlah hidup org lain mudah. jgn asal kirim.forwsrd.menjawab tanpa alasan. Basic 6: jadilahorg baik di internet! mulutmu harimaumu. apa g kmu tulis,share,post sesuai dyn cerminan dirimu.

Basic 7: tunjukkan serta bagikan kepakaran (expertise) secara iklas. Lebih byk org baik di interner dibanding org jahat. 
Basic 8: padamkan, bukan malah nyalakan api peperangan! Jadilah penengah pertikaian atau penengah. 
Basic 9: Hormati hak pribadi (privacy) org lain! Gagall memghormati privasi org bukan hanya netinet yg buruk tapi menghabiskan waktu orang lain. 
Basic 10: Jangan salah gunakan kekuasaan! Jangan mentang lebih pintar dari org lain.
Basic 11: Maafkanlah kesalahan org lain!. Ada byk pengguna internet yg mungkin melakukan banyak kesalahan. Jangan dihina sebaiknya diberi tahu dan pemahaman.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa dalam melakukan hubungan sosial di dunia maya/Internet kita diwajibkan untuk saling menghargai dan berpikir panjang bukan sesaat.

No comments:

Post a Comment