Friday 2 November 2012

PENGENALAN DAN DASAR-DASAR WORD FOR WINDOWS



PENGENALAN DAN DASAR-DASAR WORD FOR WINDOWS

Sejarah Singkat Perkembangan Microsoft Word

·         Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan penambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.

·         Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah system operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.

·         Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003 dan Microsoft office 2007. Akan hadir Microsoft Office 2010.

·         Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali akan meluncurkan Microsoft Office 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang telah hadir ditengah-tengah masyarakat komputer dunia. Dan bersamaan dengan hadirnya windows 7, maka hadir pula microsoft 2010. Diharapkan tahun 2012 akan muncul windows 8. 


WINDOWS 8


·         Perkembangan Microsoft Office:
Program:
·         Access
·         Excel
·         Word
·         Power Point
·         Info Path
·         Lync
·         OneNote
·         Outlook
·         Project
·         Publisher
·         Visio
·         Share Point Workspace 
 
 Microsoft Office 2007

 

·     Microsoft Office 2007 adalah program aplikasi versi lanjutan dari microsoft office 2003.
·     Program Aplikasi terbaru yang dikeluarkan Microsoft ini menawarkan berbagai fasilitas yang lebih canggih dari program aplikasi sebelumnya.
·     Dalam versi ini, perintah-perintah pada masing-masing tab di ubah dalam bentuk icon atau gambar.
·      Lebih lanjut perkembangannya adalah microsoft office 2010.


Memulai dengan Word

Pengertian Microsoft Word:
·       Word Processor adalah program bantu yang mampu mengolah kata dan kalimat untuk suatu tujuan tertentu.
·  Word Processor membantu dalam hal pengetikan, pemformatan, pencetakan, dan presentasi tampilan.
·    MS Word merupakan salah satu program pengolah kata yang sangat terkenal dan dipakai oleh banyak sekali orang maupun perusahaan di seluruh dunia. Word merupakan salah satu anggota dari keluarga besar Microsoft Office dari Microsoft Word tidak dijual secara terpisah namun harus menjadi satu kesatuan dengan MS Office lainnya seperti Excel, Power Point. Dan untuk kelengkapan office ada pula paket tambahan Binder, Access, Publisher dan lain-lain. MS Office berkembang dari versi 97, 2000, XP, 2003 dan 2007.
·         Kenapa Belajar Word? Karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan Word untuk aplikasi perkantorannya. Dan Word merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki oleh pengguna komputer, apalagi programmer computer.

Fitur Word:
·        Terintegrasi dengan Windows dan MS Office lainnya.
·        Mampu melakukan pengolahan kata dasar seperti: mengetik, memformat tampilan, dan mencetak.
·        Terintegrasi dengan Internet dan browser IE.
·         Mampu mengolah tabel, gambar dan suara.
·         Memiliki Help yang bagus dan interaktif.
·         Mempunyai fasilitas auto-correct, spelling checkers, grammars, mail merge.


Tampilan MS.Word 2007:

 

 







 


 
 


No comments:

Post a Comment