Thursday 13 December 2012

OS Firefox.

Kamis, 13 Desember 2012 telah diselenggarakan acara di Coffe Institute di kebayoran Baru. Disana banyak sudah berdatangan. Sebelumnya saya tidak tahu bahwa ada komunitas pengguna mozilla di Indonesia ini sejak tahun 2008. Dan banyak lagi yang dapat saya korek dari acara tersebut diantaranya bahwa mozilla merupakan perusahaan non-profit yang berbeda dengan Google, Apple, Microsoft dal lain. Dengan motto "Mozilla is a global, nonprofit organization dedicated to making the Web better".Saya salut kepada komunitas ini yang bisa memberikan informasi kepada orang-orang yang belum mengenal atau bahkan sudah menjadi user tetapi belum tahu sepenuhnya Mozilla.
Komunitas Mozilla Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 2008 dan Viking Karwur sebagai Community Manager Mozilla Indonesia. Pertama kali saya bertemu dia orangnya sangat asyik dan sangat welcome terhadap pertanyaan yang saya berikan. Dia juga telah mengikuti beberapa event yang diselenggarakan Mozilla atau biasa disebut .
Selain Viking ada Yofie Setiawan selaku Regional....bla...bla (maaf lupa saya), Sarjono (MC), dan banyak lagi. Pokoknya mereka semua sangat ramah. Langsung saja pada pokok acara ini. Intinya mereka ingin memperkenalkan Mozilla itu sendiri, komunitas Mozilla Indonesia, produk Mozilla.
Produk Mozilla cukup banyak yang paling terkenal di Indonesia adalah produk Browsernya "Mozilla Firefox", tapi mereka pun menginformasikan bahwa selain Mozilla Firefox ada juga yang lain seperti: Thunderbird, Firefox OS, firebug dan lain lebih lengkap dapat dilihat di https://www.mozilla.org/en-US/products/.
Dan pada acara tersebut yang paling menarik bagi saya adalah Mozilla akan mengeluarkan produk terbaru mereka bukan browser melainkan OS (Operating System) untuk semua Divice. Apalagi mereka membuat OS ini dan akan dikeluarkan tahun depan dengan sistem Open Source. Patut di tunggu persaingan OS tahun depan. Kita tahu sendiri bahwa sekarang saja persaingan OS seperti Android, IOS, WP8 sedang panas-panasnya. Apakah OS Mozilla itu akan menjadi kuda hitam yang akan mengubah peta kekuatan OS terdahulu atau bahkan pecundang. Tapi yang saya dapat dari jawaban perwakilan Mozilla pada komunitas Mozilla Indonesia adalah mereka tidak akan terlalu muluk-muluk untuk bersaingan atau berkompetisi dengan OS terdahulu melainkan tujuan mereka membuat OS adalah memberikan User pilihan atau alternative disampaing OS yang sudah ada.
Walaupun saya belum secara langsung melihat OS tetapi kita bisa mencoba OS tersebut secara simulasi melalui browser Mozilla, Add-ons, Firefox OS Simulator 1.0.



07b6a9ca31a1f4d4e3999c25fa94d5d1_lock-screen-firefox-os

Gambar diatas adalah tampilan lock screen OS Firefox.
Sebenarnya masih banyak keunggulannya seperti akselerasi kecepatan, maupun pemakaian memori yang efisien. Patut kita tunggu tahun depa 2013. Dan kita tunggu hingga OS ini dikeluarkan apakah bisa mengambil hati user di Indonesia yang menyukai produk Open Source. Tapi kita ada yang mungkin ingin bertanya langsung ke komunitas Mozilla Indonesia melalui acara-acara yang mereka buat.


a4918def03b3a32f210cf9bf58dd418e_interface

15b23dfc21384fdd6b673ef50714f4bd_interface2

No comments:

Post a Comment