Wednesday 23 January 2013

FIREFOX OS APP DAYS JAKARTA 2013



FIREFOX OS APP DAYS JAKARTA
2013



Prototipe smartphone yang menggunakan sistem operasi mobile besutan Mozilla, Firefox OS, akhirnya tampil perdana di Indonesia. Prototipe ponsel itu dipamerkan di acara "Firefox OS App Days" yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (21/1/2013). Eveline Hung, Mozilla Firefox OS Front-end Developer Taiwan, mendemonstrasikan sejumlah fitur yang ada pada Firefox OS kepada puluhan developer.
Selain itu, Indonesia juga patut berbangga hati karena dipilih sebagai negara kedua setelah penyelenggaraan perdana Firefox OS App Days di Mountain View, California, AS, Sabtu (19/1/2013).

Sebagai catatan, Mountain View merupakan tempat kantor pusat Mozilla berada. Di Asia Tenggara, acara ini hanya diadakan di dua negara, yaitu Indonesia dan Filipina.

"Indonesia adalah negara pertama di Asia yang menyelenggarakan ajang ini," ucap Viking (Community Country Manager Mozilla Indonesia). Pada acara Firefox OS App Days ini menampilkan tema : Learn, Hack, dan Celebrate.

Viking juga menjelaskan alat-alat yang bisa dipakai pengembang untuk membangun aplikasi Firefox OS. Mozilla menyediakan bahasa pemrograman HTML 5 dan JavaScript.

Penggunaan HTML5 dinilai dapat memudahkan para pengembang mengingat bahasa ini sudah umum digunakan untuk pembuatan aplikasi berbasiskan web.
Selain sebagai ajang pengenalan Firefox OS, acara ini juga membuat kegiatan yang cukup menarik seperti bagaimana kita diajarkan cara membuat applikasi sekaligus mendekatkan peserta yang datang dari dalam dan luar Jakarta.
 

No comments:

Post a Comment