Model Analisis Lima Kekuatan Persaingan
Porter
menyatakan bahwa kelima kekuatan bersaing tersebut dapat mengembangkan
strategi persaingan dengan mempengaruhi atau mengubah kekuatan tersebut
agar dapat memberikan situasi yang menguntungkan bagi perusahaan.
Ruang lingkup kelima kekuatan bersaing tersebut, antara lain:
1)
Ancaman pendatang baru, yang dapat ditentukan dengan hambatan masuk ke
dalam industri, antara lain, hambatan harga, respon incumbent, biaya
yang tinggi, pengalaman incumbent dalam industri, keunggulan biaya,
differensiasi produk, akses distribusi, kebijakan pemerintah dan
switching cost.
2)
Kekuatan tawar-menawar pemasok, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor
antara lain tingkat konsentrasi pasar, diversifikasi, switching cost,
organisasi pemasok dan pemerintah.
3)
Kekuatan tawar-menawar pembeli, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor,
antara lain differensiasi, konsentrasi, kepentingan pembeli, tingkat
pendapatan, pilihan kualitas produk, akses informasi, dan switching
cost.
4) Ancaman produk subtitusi, yang ditentukan oleh harga produk subtitusi, switching cost, dan kualitas produk.
5)
Persaingan di dalam industri, yang ditentukan oleh berbagai faktor,
yaitu pertumbuhan pasar, struktur biaya, hambatan keluar industri,
switching cost, pengalaman dalam industri, dan perbedaan strategi yang
diterapkan.
http://desi071288-pelangi.blogspot.com/2010/06/tugas-manajemen-strategik-3.html
Thank's gan infonya !!!!
ReplyDeletewww.kiostiket.com