SWOT merupakan singkatan dari Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan , Opportunity (peluang), Threat (ancaman).
Strenght
adalah kekuatan yang dimiliki sebuah perusahaan. Kekuatan yang dimaksud
adalah suatu kelebihan yang dimiliki perusahaan dalam mengelola kinerja
perusahaannya. Antara lain kekuatan dalam mengolah input (SDA,
SDM,modal, dan manajemen) untuk menghasilkan output yang bernilai tinggi
serta dapat bersang di dunia bisnis.
Weakness
adalah kelemahan-kelemahan yang dimiliki perusahaan. Dalam hal ini
setiap perusahaan harus mampu meminimalkan dampak kelemahan yang mereka
miliki terhadap kinerja perusahaan. Mereka juga harus mampu
menindaklanjuti kelemahan yang mereka miliki agar dapat menemukan solusi
dan strategi yang jitu untuk menembus pasar.
Opportunity
adalah peluang perusahaan untuk meningkatkan daya saing serta untuk
menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pemenuhan kebutuhan berupa
produk-produk yang berkualitas di pasaran. Peluang ini juga digunakan
untuk memperluas jaringan pemasaran produk yang mereka hasilkan.
Threat
adalah ancaman bagi perusahaan baik itu dari luar maupun dari dalam.
Ancaman yang datang dari dalam dapat berupa adanya perpecahan yang
timbul akibat suatu perbedaan tujuan dan pandangan antara satu divisi
dengan divisi lain atau salah paham antar individu atau kelompok dalam
sebuah organisasi perusahaan. Ancaman yang datang dari luar dapat berupa
penilaian seputar dimensi makro, faktor-faktor ekonomi (naik turunnya
harga bahan baku, krisis ekonomi sosial budaya, pasar, biaya, pesaing,
pelanggan, pemerintah, politik
No comments:
Post a Comment