Kesulitan dalam bersaing dengan Apple dan juga Samsung di pasar
smartphone dengan segmen harga di kisaran $500, Nokia kini memutuskan
untuk mengalihkan fokus mereka dengan menguasai pasar ponsel murah yang
harganya hanya Rp 200 ribu per unit.
Dengan harga yang 97 persen di bawah iPhone 5 tersebut, Nokia 105
adalah sebuah ponsel murah yang dilengkapi dengan sejumlah game
preloaded, sebuah layar display berwarna, sebuah radio FM, talking clock
dan juga sebuah senter mini. Produk ini merupakan produk termurah Nokia
sepanjang masa, dan telah dijual selama beberapa minggu di India dan
Indonesia. Ke depannya, Nokia berencana untuk membawa 105 di pasar
Eropa.
Sekalipun harganya sangat-sangat murah, 105 mampu memegang peranan
yang penting dalam bisnis ponsel Nokia. Minggu lalu, perusahaan asal
Finlandia tersebut melaporkan bahwa mereka masih membutuhkan tambahan
penjualan sebanyak 11 juta unit untuk mencapai target, dan tingkat
penjualan untuk produk ponsel standar (non-smartphone) mereka anjlok
telah sebanyak 21 persen hingga menjadi 55,8 juta unit selama kuartal
pertama 2013.
Kegagalan untuk menguasai pasar low-end akan memberikan masalah besar
bagi Nokia, karena mereka akan kehilangan sumber dana penting bagi
kebutuhan pengembangan produk smartphone yang layak untuk bersaing
dengan iPhone dari Apple ataupun Galaxy S dari Samsung. Namun CEO Nokia
Stephen Elop meyakini bahwa peluncuran Nokia 105 merupakan sebuah sinyal
bahwa Nokia bisa bangkit dan kembali menguasai segmen low-end setelah
catatan buruk di kuartal pertama tersebut.
(Bloomberg.com)
(TeknoOmedia.com)
No comments:
Post a Comment