Tuesday 15 October 2013

Bahasa sebagai alat pencari kerja



  • Bahasa sebagai alat pencari kerja

Bahasa adalah alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi, dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan. Bahasa sangat penting sebagai alat pencari kerja karena setiap perusahaan ingin memiliki pekerja yang pandai dalam menggunakan bahasa di dunia kerja atau bisnis. Hal ini begitu di utamakan untuk mempermudahkan komunikasi dengan mitra kerjanya.

Pada penerimaan calon pelamar kerja harus mampu berbahasa yang baik dan benar karena ini merupakan salah satu standar perusahaan dalam menyeleksi  calon pekerjanya tentunya setelah kemampuan individu mereka masing-masing.  Saat ini bukan hanya bahasa Indonesia saja yang menjadi standarisasi perusahaan dalam menyeleksi tetapi bahasa asing seperti bahasa Inggris juga sudah ketentuan pasti dari perusahaan-perusahan menengah atas di Indonesia dalam menyeleksi karyawan. 

Bagi dunia bisnis  penggunaan bahasa asing juga hal yang sangat diutamakan itu sebabnya penerimaan pegawai baru sekarang juga menguji bahasa inggris bagi para calon pelamar kerjanya. Oleh karena itu bahasa Indonesia kurang populer di dunia bisnis atau kerja. Karena nilai lebih di berikan kepada seseorang yang pandai berbahasa asing dari pada berbahasa Indodesia. 

Namun akan merugikan perusahaan itu sendiri karena jika orang yang tidak pandai berbahasa dengan baik masuk dan bekerja di perusahaan maka hal ini akan membuat perusahaan itu sendiri hancur karena untuk dapat bekerjasama dengan mitra kerja diperlukan suatu jalinan komunikasi yang baik agar suatu tujuan dapat tercapai. 

Di dalam kita bekerja pun bahasa sangat lah dibutuhkan karena biasa nya dalam bekerja akan bayak berkomunikasi dengan temen dan atasan kita tentunya bahasa yang baik dan benar dalam berkomunikasi akan lebih memudahkan kita dalam bekerja dan membuat suasana kerja pun akan lebih menyenagkan. Contoh khasus ketika kita bekerja jarang melakukan komunikasi baik itu dengan teman dan atasan maka kita akan mengalami kesulitan dalam pekerjaan kita, dan apa bila kita berkomunikasi dengan temen dan atasan dengan menggunakan bahasa yang tidak baik dan kasar maka akan terjadi kurang harmonis di lingkungan kerja kita.

Untuk saat ini banyak orang Indonesia sendiri yang tidak pandai dalam menggunakan bahasa  Indonesia mereka dengan baik dan benar, saat ini banyak orang yang sudah mulai terbiasa mengucapkan bahasanya yang tidak baik dalam kehidupannya sehari-hari dalam artian berbahasa atau masih menggunakan bahasa daerah, hal ini yang sangat berbahaya untuk perusahaan jika memiliki pekerja yang seperti ini karena dapat merusak image perusahaan itu sendiri dan adanya pengelompokan orang-orang tertentu.

No comments:

Post a Comment