Sunday 2 November 2014

AEON Mall dan ICE: dua mutiara pinggiran Jakarta


Pertama kali berkunjung ke kota BSD City, saya dibuat takjub oleh landscape yang begitu bagus. Suasana tenang dan alami merupakan hal yang terlintas di dalam hati. Jenis pepohonan nan rindang di pingiran sepanjang jalan membuat saya semakin terpukau.


Saya pun menengok ke arah kanan - kiri sepanjang jalan tidak ada kabel listrik, sepertinya kabel tersebut telah ditanah didalam tanah dan itu membuat BSD City terlihat rapih dan enak di pandang mata.

Didalam kendaraan yang saya tumpangi pun terasa nyaman. kenapa? itu karena selama perjalanan saya tidak menemukan "goncangan". Goncangan yang dimaksud oleh saya adalah benturan antara ban kendaraan dengan lubang atau permukaan yang tidak rata pada jalan. "Mulus" itu yang bisa saya rasakan mulai dari awal masuk gerbang BSD City sampai tempat tujuan.

Sampailah saya di atas lahan 10 hektar di BSD City dengan luas gross area 160.000 m2. Mal suburban bergaya Jepang pertama di Indonesia ini berdiri. "AEON MALL" namanya. Pertama kali terlintas dibenak saya adalah pasti mall ini akan sangat megah. Saya lihat dari gaya arsitektur dan pola landscapenya yang mengagumkan. Saya mendapat informasi dari salah satu staff Sinar Mas Land (SML) bahwa nanti 30% tenant dari Jepang. Wow, pasti suasana Jepangnya akan terasa sekali nih...

AEON Mall

Dengan daya tampung yang menurut staff SML bisa mencapai 190 tenant. Mall ini akan memuaskan saya yang kebetulan menyukai kebudayaan Jepang. Mulai dari kuliner sampai hiburan semua akan di adakan di Mall AEON. Kereeen...

Setelah berkeliling-keliling sambil mengambil beberapa foto walau cuaca sedang turun hujan yang lumayan deras tidak menghalangi saya untuk antusias melihat tahap pembangunan mal dengan konsep Jepang asli.

Selama perjalanan saya melihat banyaknya pepohonan nan rindang ditambah dengan aksesoris berupa patung maupun bola-bola raksasa. itu semua membuat BSD City terkesan modern dan alami. Rasanya ingin sekali mempunyai tempat tinggal disini.... (senyum-senyum sendiri) 

Kembali lagi ke fasilitas selain AEON Mall masih banyak lagi fasilitas di BSD City yang ada. Menurut pengalaman saya saat berkunjung disana saya melihat hampir semua kebutuhan kita terfasilitasi. Mulai dari kebutuhan primer sampai sekunder. Mulai dari produk buatan dari dalam negeri sampai luar negeri semua ada!!!

Yang paling saya sukai dari kawasan terpadu BSD City adalah bentuk-bentuk arsitertur bangunanya yang sangat inovatif dan keren-keren. Mulai dari gaya minimalis, modern sampai perpaduan minimalis modern. Pemandangan itu yang akan membuat orang tidak bosan dan jenuh. Karena itu akan membuat orang betah tinggal berlama-lama.

Dan satu lagi bangunan yang pantas ditunggu-tunggu di kawasan BSD City adalah ICE (Indonesia Convention Exhibition). ICE saya kira akan menjadi balai pertemuan atau acara yang paling besar di Indonesia bahkan asia tenggara. 

Indonesia Convention Exhibition
Sepanjang kesempatan yang diberikan pengembang Sinar Mas Land kepada saya masuk ke dalam proyek ICE saya tertarik melihat para pekerja yang nampaknya melakukan langkah-langkah pembangunan dengan perhitungan. Setiap pengerjaan harus sesuai dengan master plan. Saya juga perhatikan pola saluran pembuangan air sampai ke detil-detil kecil sangat diperhatikan. Disamping itu saya perhatikan akan disiapkan lahan untuk tanaman. Jadi kesimpulan saya ICE ini juga akan berkonsep "green building".
ICE dikelilingi pepohonan

No comments:

Post a Comment